Sabtu, 29 November 2008

Kata-kata Bijak untuk Kebahagiaan & Kesejahteraan

Ungkapan-ungkapan Bijak untuk Kesuksesan dan Kebahagiaan Hidup

Oleh Anton Moebakir

Seorang pemenang tidak pernah putus asa.

Orang yang mudah putus asa tidak pernah menang.

Seorang pemenang adalah climber sejati

Climber sejati adalah kaum minoritas

Perjuangan hidup tidak selalu dimenangkan oleh orang yang lebih kuat, lebih pintar, atau lebih cepat. Tapi cepat atau lambat orang yang bisa menang adalah orang yang berpikir bahwa dia bisa menang.

Kegigihan usaha menjadi mutlak untuk mencapai puncak kesuksesan

Memikirkan dengan sungguh-sungguh “kepentingan” orang-orang yang akan kita pengaruhi adalah kaidah pikiran yang bagus sekali.

Keragu-raguan itu racun.

Berpikir kecil kita akan kecil

Berpikir besar kita akan besar.

Buatlah semua orang menyukai kita.

Jika tidak bisa, maka buatlah semua orang sukses menyukai kita, maka otomatis kita akan sukses.

Sukses itu adalah:

15 % kerja keras,

15 % ketekunan

5 % bakat

15 % lain-lain.

50 % timing

Pemenang: menjadi sukses itu memang sulit, tapi pasti bisa

Pecundang: menjadi sukses itu mungkin bisa, tapi sulit.

Jika kita benar-benar menginginkan sesuatu dan bersedia mempertaruhkan seluruhnya untuk mencapai keinginan tersebut, maka kita pasti menang.

Jika kita terus bertahan sampai keberhasilan itu dalam genggaman, maka kegagalan-kegagalan sebelumnya hanyalah sekedar anak tangga kita menuju keberhasilan.

Kesempatan untuk sukses mempunyai kebiasaan yang licik menyelinap lewat pintu belakang dan kerapkali menyamar dalam bentuk kemalangan atau kekalahan sementara, sehingga begitu banyak orang yang gagal mengenalinya.

Salah satu penyebab kegagalan yang paling lazim adalah kebiasaan menyerah saat menghadapi kekalahan sementara. Kuncinya “dig a little more –gali sedikit lagi, lakukan sekali lagi, lakukan sekali lagi!”.

Sebelum sukses datang ke dalam kehidupan kita, pasti akan kita temui banyak kekalahan sementara dan juga berbagai kegagalan. Kalau kegagalan menyergap kita, cara yang paling mudah dan paling logis adalah menyerah, dan itulah yang dilakukan kebanyakan orang. Pemenang bukanlah orang kebanyakan, mereka tidak pernah menyerah.

Sukses kebanyakan datang hanya satu langkah di seberang titik tempat kekalahan menimpa kita. Kegagalan adalah penipu dengan ironi luar biasa dan kelicikan luar biasa.

Kegagalan senang sekali datang untuk menjegal kita ketika sukses hampir kita jangkau.

Orang kaya adalah kaum minoritas, kalau kita bertekad untuk kaya bersiaplah menjadi minoritas.

Jika kekayaan mulai datang, maka datangnya begitu cepat, begitu berlimpah-limpah, sehingga kita akan bertanya-tanya dan keheranan di mana semua harta ini bersembunyi selama tahun-tahun kemiskinan dan penuh hutang ini.

Kekayaan dan kemiskinan seringkali berganti tempat. Kalau kekayaan menggantikan kemiskinan, perubahan biasanya terjadi melalui rencana yang dipikirkan secara cermat dan dilaksanakan dengan hati-hati, konsisten dan semangat pantang menyerah. Sedangkan kemiskinan tidak perlu direncanakan, kemiskinan sifatnya berani dan tidak kenal belas kasihan.

Kekayaan bersifat pemalu dan sulit ditangkap.Kekayaan harus “dipikat”.

Memang susah jadi orang sukses, tapi jauh lebih susah jadi orang tidak sukses.

Banyak orang yang menginginkan kekayaan, tetapi kebanyakan orang tidak menyiapkan rencana dan tidak memiliki hasrat serta keinginan yang menggebu-gebu untuk meraihnya. Padahal satu-satunya cara untuk meraih kekayaan adalah mempersiapkan rencana dan melaksanakan rencana tersebut dengan hasrat dan semangat yang menggebu-gebu.

Kebiasaan-kebiasaan kita akan menentukan masa depan kita.

Orang sukses memiliki kebiasaan-kebiasaan sukses, orang gagal tidak mempunyainya.

Berhentilah menyalahkan orang lain.Bertanggungjawablah atas semua masalah hidupmu.

Lebih banyaklah mendengar daripada bicara.Lihat, kita punya dua telinga dan hanya satu mulut.

Kebanyakan kita merasa bahwa untuk difahami, kita harus berbicara sebanyak mungkin. Ini tidak selalu benar. Terkadang dengan berdiam diri kita bisa menyampaikan suatu pesan secara lebih jelas.

Jangan pernah menyerah pada apa yang sungguh-sungguh ingin kita capai. Orang yang menyimpan impian besar, lebih kuat daripada mereka yang berpengetahuan banyak.

Kalau menghadapi tugas yang sulit, bertindaklah seolah kita tak mungkin gagal.

Ingat bahwa sukses sekejap itu biasanya adalah hasil kerja keras bertahun-tahun.

Betapapun beratnya situasi yang kita hadapi, tetaplah bersikap tenang atau berpura-puralah untuk tenang, karena orang tidak akan bisa membedakannnya.

Belajarlah berempati. Cobalah melihat masalah dari sudut pandang orang lain.

Jagalah agar harapan-harapan tetap tinggi, biaya-biaya tetap rendah dan terimalah sakit hati dan kekecewaan sebagai bagian dari sukses.

Jangan bikin orang bosan dengan masalahmu. Kalau orang tanya bagaimana keadaanmu, bilang, “Baik, baik sekali.” Kalau mereka tanya, “Bagaimana bisnismu?”, jawab, “luar biasa, makin hari makin baik.”

Sang Pemenang melakukan apa yang tidak mau dilakukan Sang Pecundang.

Mulai saja pertemuan, terlepas dari siapapun yang datang terlambat atau tidak hadir.

Mulailah setiap harimu dengan musik kegemaranmu.Kegembiraan yang didapat dari sini akan membuatmu gembira sepanjang hari.

Jangan membanggakan kesuksesanmu, tapi juga tak perlu minta maaf untuk hal itu.

Dan bergembiralah untuk kesuksesan orang lain.

Kalau berbuat baik kepada orang lain janganlah mengharap balasan. Doakan saja supaya dia membalas kebaikan kita dengan berbuat baik pada orang lain.

Kebebasan jauh lebih berarti daripada keamanan. Kapal yang bersandar di dermaga memang aman, tapi dia tidak pernah berlayar ke mana-mana, lama kelamaan akan berkarat. Carilah kebebasan dan berlayarlah menuju pulau kebahagiaan kendati harus menghadapi badai, topan, ombak ganas dan halilintar menyambar. Semua hanya akan tinggal kenangan belaka dan akan menjadi cerita indah ketika kita telah sampai pada pulau impian.

Untuk mencari dan mendapatkan kawan yang banyak sekali serta untuk disenangi dan dikagumi oleh orang lain, caranya gampang sekali, yakni buatlah orang lain selalu merasa dirinya penting, maka kita mendapatkan kawan yang banyak sekali, karena kita telah memenuhi hasrat terdalam dari sifat manusia.

Sering-seringlah gunakan ungkapan: “Maaf telah mengganggu Anda”, “Maukah Anda berbaik hati untuk…”, “Apakah Anda tidak keberatan…”,

Ucapkanlah “Terima kasih…” sesering mungkin dalam setiap pembicaraan yang mungkin.

Hampir semua orang menganggap dirinya penting, amat penting. Bila kita bisa memanfaatkan rasa penting orang lain itu, maka kesuksesan pasti akan kita raih.” Anda orang penting” ya itu dia. Anda orang penting, benar-benar penting!

Setiap orang yang kita jumpai pastilah lebih baik daripada kita dalam beberapa hal, dalam hal tersebutlah kita harus belajar dari mereka.

Hati-hati dengan lidahmu, hati yang terluka karena sayatan lidah jauh lebih sakit dan jauh lebih sukar sembuh daripada badan yang terluka.

Bijaksanalah dengan uangmu, berhematlah. Tabunglah 10 % dari penghasilanmu setiap bulan, maka dirimu tak akan mengalami masalah keuangan di hari tuamu. Sebaliknya, habiskanlah berapapun penghasilanmu, maka bisa dipastikan masa tuamu akan penuh derita keuangan.

Tersenyumlah, tersenyumlah dan tersenyumlah. Karena senyum adalah sedekah dan hatimu akan merasa senang ketika engkau tersenyum.

Tersenyumlah, tersenyumlah, tersenyumlah. Jangan buka toko kalau engkau tak mampu tersenyum.

Jangan suka berdebat

Jangan gampang marah

Jangan mudah tersinggung

Jangan gampang menyerah

Jangan gampang putus asa

Jangan suka mengeritik

Jangan hobi mencerca

Jangan terus mengeluh

Jangan gampang berutang

Jangan suka berbohong

Jangan suka memanipulasi

Jika ingin jadi pembicara yang baik, rahasianya cuma satu jadilah pendengar yang baik.

Kalau melakukan kesalahan akuilah dengan segera. Mintalah maaf secara langsung.

Anda ingin mengubah seseorang yang bertabiat buruk? Bagus sekali. Mulai saja dari diri Anda sendiri.

Kalau kita ingin menimbulkan rasa benci pada masa datang dan mungkin akan bertahan selama beberapa dasawarsa bahkan menetap sampai mati, cobalah menurutkan emosi dan kehendak hati memberikan kritikan yang tajam dan menyakitkan hati orang lain.

Pada dasarnya semua orang tidak suka diperintah.Jadi ajukanlah pertanyaan sebagai kata ganti perintah.

Pada dasarnya semua orang mempunyai sisi-sisi baik. Penjahat yang paling kejam sekalipun merasa bahwa dirinya adalah orang baik. Ingatlah selalu hal itu.

Jika kita ingin berada di depan, doronglah orang lain untuk maju. Jika ingin berada di atas, angkatlah orang lain ke ketinggian.

Salah satu keinginan paling besar manusia adalah hasrat menjadi penting. Perlakukan semua orang sebagai orang penting, maka kita akan disambut hangat dimana saja.

Berikanlah penghargaan yang jujur dan tulus kepada orang lain, lakukanlah hal itu di depan publik.

Satu-satunya cara di bumi ini untuk mempengaruhi orang lain adalah berbicara tentang apa yang mereka inginkan dan tunjukkan cara untuk memperolehnya.

Mereka yang bisa membangkitkan hasrat orang lain, akan memiliki seluruh dunia bersamanya. Yang tidak bisa, akan melangkah di jalan yang sepi.

Jika kita bisa meletakkan diri pada tempat orang lain, dan bisa mengerti cara berpikir mereka, maka kita tidak perlu khawatir tentang masa depan kita.

Kita bisa mendapatkan lebih banyak teman dalam waktu 2 bulan dengan cara sungguh-sungguh tertarik kepada mereka, daripada yang bisa kita dapatkan dalam waktu 2 tahun dengan cara mengusahakan orang lain tertarik dengan kita.

Bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada orang lain.

Nama seseorang merupakan suara yang paling manis dan terpenting dalam bahasa apapun bagi orang yang bersangkutan.Oleh sebab itu, ingatlah selalu nama orang.

Kalau kita ingin tahu bagaimana cara membuat orang lain menghindari dan menertawakan kita di belakang atau bahkan merendahkan kita, inilah resepnya: jangan pernah mendengarkan siapapun dalam waktu yang lama, bicaralah tanpa putus-putus tentang diri kita sendiri. Potonglah selalu pembicaraan orang di tengah-tengah kalimatnya.

Jadilah pendengar yang baik. Dorong orang lain untuk bicara tentang diri mereka.

Bicaralah mengenai minat orang lain.

Cara agar orang menyukai kita pada detik pertama, adalah dengan memujinya secara tulus.

Berikanlah kepada orang lain apa yang kita harapkan diberikan kepada kita, setiap waktu, dimana saja kita berada.

Cara untuk membuat kesan pertama yang baik: tersenyumlah, pujilah dan sebutlah namanya.

Bagaimana membuat orang lain segera menyukai kita: buat orang lain merasa penting dan lakukan itu dengan tulus.

Satu-satunya cara memperoleh manfaat sepenuhnya dari sebuah perdebatan adalah dengan menghindarinya.

Tunjukkan penghargaan terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata “Anda salah”.

Kalau Anda salah akui dengan segera secara simpatik.

Mulailah dengan cara yang ramah.

Buatlah orang lain segera mengatakan “ya… ya…”

Biarkan orang lain yang lebih banyak berbicara.

Biarkan orang lain merasa bahwa itu adalah idenya.

Cobalah untuk sungguh-sungguh melihat segala sesuatunya dari sudut pandang orang lain. Katakan dalam hati, kalau saya menjadi dia mengapa saya mau dan harus melakukan hal ini.

Bersimpatilah dengan hasrat dan ide orang lain.

Jika kita gagal meminta orang lain melakukan sesuatu, cobalah cara yang satu ini: imbaulah motif-motif yang lebih mulia.

Dramatisasilah ide-ide Anda, televisi, radio dan media-media iklan lainnya melakukannya, kenapa Anda tidak.

Mulailah dengan penghargaan dan pujian yang jujur.

Beritahukanlah kesalahan orang lain secara tidak langsung.

Bicarakan kesalahan kita sendiri sebelum mengeritik orang lain.

Ajukanlah pertanyaan bukan memberi perintah langsung.

Beri kesempatan orang lain untuk menyelamatkan muka.

Pujilah peningkatan sekecil apapun, dan pujilah setiap perbaikan. Jadilah tulus dalam penerimaan dan murah hati dalam pujian.

Beri orang lain reputasi yang baik untuk dipenuhi olehnya.

Gunakan dorongan. Buatlah kesalahan kelihatan mudah diperbaiki.

Bersikaplah tulus. Jangan janjikan apapun yang tidak bisa kita tepati. Lupakan keuntungan bagi diri kita dan pusatkan selalu pada keuntungan orang lain. Pertimbangkan keuntungan yang akan diterima oleh orang lain dari mengerjakan apa yang kita sarankan. Cocokkan keuntungan kita tersebut dengan keinginannya.

Buatlah orang lain senang mengerjakan sesuatu yang kita sarankan.

Tindakan lebih keras berbicara daripada kata-kata.

Tidak ada sesuatupun yang bisa kita dapatkan di dunia yang fana ini tanpa suatu pengorbanan apapun. No struggle without sacrifice- Tiada perjuangan tanpa pengorbanan.

Setiap orang yang ingin menang dalam semua bidang kehidupan, harus bersedia “membakar kapal” dan memutus semua kemungkinan untuk mundur. Menang atau binasa.

Sering-seringlah menelepon ibumu, gembirakanlah hatinya dengan hadiah-hadiah kecil.

Rencanakanlah pekerjaanmu, kerjakan rencanamu.

Tidak ada yang namanya nasib baik atau nasib buruk. Nasib baik akan datang dengan sendirinya jika kita sudah bekerja keras, pantang menyerah, konsisten dan berupaya terus tidak berhenti, sampai kesuksesan bisa diraih. Saat itulah nasib baik akan datang.

Apakah Anda sudah membulatkan tekad untuk terus bertahan sampai berhasil? Kalau sudah, selamat, Anda pasti berhasil.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan impian yang kuat untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah punya impian. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan keuletan untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri Apakah Anda sudah memiliki sifat itu. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan semangat pantang menyerah untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda punya sudah memiliki semangat itu. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan konsistensi untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah konsisten. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa kita perlu menunda kenyamanan untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah mampu menunda kenyamanan. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan kerja keras untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah bekerja keras. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan kerja pintar untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah bekerja secara pintar. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan doa untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah sering berdoa. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa diperlukan pikiran besar untuk meraih kesuksesan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah punya pikiran besar. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Semua orang mengatakan bahwa untuk meraih kesuksesan Anda perlu tahan terhadap penolakan & hinaan. Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda sudah tahan terhadap penolakan & hinaan. Kalau sudah, selamat, Anda pasti sukses.

Jika Anda ingin mendapatkan kesenangan dan kegembiraan seperti nonton konser musik, nonton bioskop, spa, salon, berenang dll, Anda harus membayar harganya. Anda harus membeli tiketnya. Demikian pula untuk meraih kesuksesan, Anda harus rela membayar harganya. Perjuangan, kerja keras, penolakan, penghinaan, sakit hati, kurang tidur, kehabisan uang, hidup prihatin dll. itulah harga yang harus Anda bayar.

Jika kita menghina seseorang, secara sadar sebetulnya kita telah menghina diri kita sendiri. Bagaimana tidak, seperti layaknya bola, penghinaan bersifat memantul. Jika kita menghina orang, maka orang itu akan membalas kita secara langsung maupun tidak langsung.Dia akan memantulkan kembali “bola” penghinaan yang kita lempar kepadanya sehingga hinaan itu kembali mengenai kita.

Demikian pula dengan pujian, jika kita memuji seseorang, secara sadar sebetulnya kita telah memuji diri kita sendiri. Seperti layaknya bola, pujian juga bersifat memantul. Jika kita memuji orang, maka orang itu akan membalas kita secara langsung maupun tidak langsung. Dia akan memantulkan kembali “bola” pujian yang kita lempar kepadanya, sehingga pujian itu kembali kepada kita.

Jadi, sering-seringlah memuji orang secara tulus, dan hilangkanlah kata-kata hinaan dalam perbendaharaan kalimat kita, selamanya.

Setiap kegagalan membawa satu benih kesuksesan (Napoleon Hill).

Konsentrasilah terhadap pekerjaanmu.Segala sesuatu tidak akan berhasil sampai kita mendapatkan sebuah fokus (Alexander Graham Bell).

Jika kita betul-betul menginginkan kemenangan, maka kita harus terus berada di dalam permainan (Claude M. Bristol).

Bebaskanlah diri saat menghadapi kegagalan, yang gagal itu adalah peristiwanya, bukan diri Anda ( Billi PS Lim).

Mengambil langkah baru, memulai sesuatu yang baru adalah hal yang paling menakutkan kita. Padahal itulah awal dari kesuksesan.

Dari semua kata-kata yang dapat terucap dan tertulis yang paling menyedihkan adalah “seandainya”

Semua lewat hukum yang sama, menetapkan tujuan dulu, baru mencari jalannya (Robert Collier).

Apabila kita telah menetapkan tujuan, jangan khawatir betapa jauhnya perjalanan itu, teruskan langkah dan kita pasti akan mencapainya (Andrew Ho).

Kemenangan terbesar kita adalah bukan karena tidak pernah gagal, tapi adalah saat kita bangkit kembali setiap kali kita menghadapi kegagalan (Konfusius).

Anda bisa mendapatkan semua yang diinginkan dalam hidup ini, jika Anda menolong cukup banyak orang mendapatkan apa yang mereka inginkan (Zig Ziglar).

Perubahan adalah permulaan dari suatu kesuksesan. Jadi jika kita ingin sukses, maka kita harus siap untuk berubah.

Seseorang belum berakhir ketika ia dikalahkan, melainkan ketika ia berhenti berusaha (Richard M. Nixon).

Semangat adalah harta yang paling berharga, lebih tinggi daripada uang dan kekuasaan yang lain (Zig Ziglar).

Jauhilah orang-orang yang berusaha untuk meremehkan ambisi Anda, orang-orang kecil selalu berbuat demikian. Dekatilah orang-orang hebat, karena mereka akan menjadikan Anda hebat juga (Mark Twain)

Kebesaran selalu diraih dengan antusiasme (Ralph Waldo Emerson).

Tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan

Hal yang paling penting di dunia ini adalah bukan dimana saat ini kita berada, tetapi ke arah mana kita sedang menuju (Oliver Wendell Homes)

Dunia dipenuhi oleh orang-orang yang berniat. Sebagian bersedia untuk bekerja keras, sisanya hanya bersedia untuk menyaksikan (Robert Frost).

Orang bodoh itu bertemperamen tinggi, orang bijak tetap tenang saat dihina.

Kita tidak bisa menyeberangi laut hanya dengan memandanginya saja (Rabindranath Tagore).

Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang, kecemerlangan bukanlah sebuah tindakan sekaligus, melainkan sebuah kebiasaan yang konsisten.

Sesuatu yang kecil akan tampak besar bagi orang yang bercita-cita kecil. Dan sesuatu yang besar akan tampak kecil orang yang bercita-cita besar.

Seseorang yang mempunyai tujuan yang jelas, akan membuat kemajuan, sekalipun di jalan terburuk. Seorang tanpa tujuan yang jelas tidak akan membuat kemajuan sekalipun di jalan yang termulus (Thomas Carlyle)

Ketika kita keras pada diri sendiri, hidup akan menjadi lebih pasti.

Kita harus keras terhadap hidup, jika tidak hidup akan keras terhadap kita.


Dikumpulkan alias dipulung dari berbagai buku seperti: Think & Grow Rich, How to Win Friends & Influence People, The Magic of Thinking Big, The Power of Focus, Unlimited Power, Cash Flow Quadrant, Rich Dad Poor Dad, Retired Young Retired Rich, Ungkapan Sederhana untuk Kebahagiaan? (Ben Salim) serta berbagai buku dan literatur lainnya, juga dari pikiran yang terlintas ketika bangun tidur, ketika di kamar mandi ataupun ketika berkontemplasi.

2 komentar:

Hari mengatakan...

Cakep, boz !
Semoga selalu menang !

Mursyidi mengatakan...

Mengomentari diri sendiri untuk memotivasi diri sendiri. Selamat berjuang, sukses selalu. Go Freedom!